Widget HTML Atas

6 Langkah Jitu yang Akan Membuat Kamu Menjadi Penulis Hebat dan Sukses

Man getting award in writing Free Vector


LANGKAH PERTAMA:

Pastikan kalian hobi dan gemar membaca. Kalian pasti tahu, 'kan, kalau membaca adalah jendela dunia. Buat yang belum hobi, cobalah pelan-pelan. Jangan pernah memaksa untuk membaca karena sesuatu yang diawali dengan terpaksa itu biasanya nggak baik. Untuk menimbulkan hobi membaca itu, tidak harus membaca buku segudang. 

Tapi, pelan-pelan dan bacalah sedikit demi sedikit. Seperti istilah sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Buku atau bacaan yang kalian baca juga jangan hanya 1 jenis. Tapi, lebih dari 1. Untuk melihat di mana genre yang cocok dan pas untuk kalian.

LANGKAH KEDUA: 

Setelah kalian hobi membaca, pasti di benak kalian akan muncul beberapa atau bahkan banyak ide dan imajinasi. Dengan modal itu lah, kalian akan mulai menulis. Tulis saja apa yang ada di pikiranmu saat itu. 

Jangan biarkan satu pun terlewat. Biarkan tulisan itu jadi apa adanya. Jangan dikit-dikit revisi karena itu LARANGAN KERAS bagi penulis apalagi penulis pemula. Revisi adalah bagian terakhir setelah naskahmu selesai. 

Kamu juga harus belajar tentang EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) atau yang sekarang disebut EBI (Ejaan Bahasa Indonesia). Kamu juga wajib rajin cek KBBI karena di sana kamu akan menemukan banyak kosa kata dan nggak melulu menggunakan kata yang sama dalam setiap paragraf. 

LANGKAH KETIGA:

Setelah menulis dan naskah selesai, kamu baca ulang naskahmu dari awal. Untuk mengecek typo juga sekalian me-revisi. Kalau kamu belum yakin bisa merevisi sendiri, kamu boleh meminta bantuan pada orang yang sudah ahli dalam bidangnya. 

Percaya, deh, mereka nggak akan pelit ilmu padamu kalau kamu meminta bantuan dengan cara baik-baik dan berbicara sopan. Kalau dikasih masukan ya yang nurut. Kalau belum paham, tanyakan lagi sampai kamu paham. 

ngat, dengan cara yang sopan. Oh ya, jangan pernah jadi orang sok tahu saat kamu lagi berdiskusi dengan mereka. Karena itu akan menjadikan kejanggalan antara kamu dan dia. 

Pendam saja apa yang sebenarnya menurut kamu benar. Dengarkan apa yang dia katakan. Ambil saja yang menurut kamu memang benar. Jangan pernah menyinggungnya kalau dia salah. Ingatkan baik-baik. 

LANGKAH KEEMPAT: 

Setelah me-revisi naskahmu, kamu boleh banget posting tulisanmu di media yang kamu inginkan. Biar tulisanmu banyak yang baca dan nilai. Di sana kamu akan tahu bagaimana respon pembaca terhadap naskahmu. 

Baik atau buruk isi di dalamnya. Bermanfaat atau nggak. Menghibur atau nggak. Semuanya akan kamu ketahui di sana. Nggak perlu takut kalau dicaci atau dihina. 

Ingat, itu sebuah pembelajaran sekaligus penguatan mental. Kalau sekali dihina kamu langsung roboh, gimana nanti kalau ketemu calon mertua? *eaaa :v Media yang bisa kamu gunakan untuk memposting cerita juga banyak kok. 

Ada Blog, Wattpad, Novel.id, GWP, Facebook, dll. Atau kalau kamu cuma punya Facebook, nggak masalah kok. Di sana kamu malah bisa bertemu sama penulis beken, keren, dan kece. Kamu bisa posting di akun pribadimu, fanpage yang kamu buat atau fanpage orang lain yang sering memposting cerita, dan grup kepenulisan.

LANGKAH KELIMA : 

Setelah langkah ke-4, kamu bisa menguji tulisanmu lewat event-event yang biasanya ada di grup-grup kepenulisan. Untuk itu, kamu wajib stalkerin grup-grup kepenulisan juga penerbit indie dan mayor. 

Biasanya di sana memfasilitasi penulis untuk bergabung dengan mereka. Jangan sungkan bertanya pada mereka atau temanmu yang tau kalau kamu benar-benar nggak ngerti dengan event atau suatu hal yang diselenggarakan.

LANGKAH KEENAM : 

Setelah langkah ke-5, kamu bisa menguji naskahmu lewat penerbit langsung. Banyak pilihannya, kok. Ada indie berbayar dan gratis dengan berbagai persyaratan. Ada juga mayor yang dijamin GRATIS tapi naskahmu bakal masuk tahap seleksi. Jangan nangis kalau dapet NO dari mayor. 

Untuk pemula, biasanya menyodorkan naskahnya ke penerbit indie. Tembak 1 penerbit yang kamu percaya dan cari tahu naskah yang bagaimana yang mereka cari dan butuhkan. 

Walau naskahmu nggak bagus-bagus amat, kamu bisa mencetak lewat indie dan kamu punya buku terbitanmu sendiri. Itu namanya pemberani dan bakal jadi penulis kece. 

Dari pada yang punya tulisan kece badai tapi nggak berani ngirim ke penerbit. Percuma, 'kan?

So, ayo menulis dan selesaikan naskah kalian. :)

1 comment for "6 Langkah Jitu yang Akan Membuat Kamu Menjadi Penulis Hebat dan Sukses"

Post a Comment

close